Kunci sedap dari masakan Asia terletak pada aroma yang kuat dan rasa yang berani. Di jantung masakan Asia adalah rempah-rempah yang mengemas rasa dan membawa kedalaman pada hidangan Anda. Berikut 8 bumbu Asia yang paling sering digunakan.yang dapat membantu menghidupkan kembali menu restoran Anda.

8 Bumbu Asia Paling Populer

Kayu manis

Rempah-rempah lain yang umum digunakan dalam masakan Asia yang manis dan gurih adalah kayu manis karena aroma dan rasanya yang khas. Ada banyak jenis kayu manis yang tersedia:

  • Kayu manis Ceylon sedikit lebih mahal daripada varietas lain tetapi memiliki rasa yang lebih lembut.
  • Kayu manis China memiliki rasa agak pedas.
  • Kayu manis Vietnam terkenal karena intensitasnya yang pedas dan manis.
  • Kayu manis Indonesia adalah yang paling umum digunakan karena rasanya yang seimbang.

Ada banyak cara untuk menggunakan kayu manis, beberapa di antaranya membumbui domba dalam masakan Timur Tengah, atau dalam hidangan terong dan nasi. Bubuk kayu manis selain juga banyak digunakan untuk masakan di Indonesia juga umum digunakan untuk campuran adonan kue. Ya! Kayu manis merupakan salah satu bumbu Asia yang paling populer.

bubuk kayumanis

Bubuk Cabai

Pokok dalam masakan Asia, kemungkinan tidak terbatas saat memasak dengan cabai. Baik cabe hijau dan merah banyak dijual di pasar, dan mereka dapat ditemukan utuh atau sebagai bubuk tabur.

Untuk memasukkannya ke dalam hidangan, Anda dapat mempertimbangkan untuk melemparkan taburan cabai dengan sayuran, menggunakan minyak kelapa untuk menyedapkan salad Anda, atau bahkan mencampurkannya dengan sayur tumis.

Hidangan populer yang dicampurkan cabai termasuk Udang Jepang dalam Saus Ebi, Kepiting Singapura, dan Ayam Cabai Manis Thailand. Untuk masakan Hunan dan Sichuan, cabai kering sangat baik, tetapi untuk masakan Korea, versi bubuk dan serpihan adalah yang terbaik untuk digunakan.

Jahe

Ditemukan dalam semua jenis hidangan, dari Teriyaki Salmon hingga gulai ikan. Jahe adalah bahan utama yang harus Anda miliki di dapur Anda. Ini dapat dibeli dalam bentuk akar atau bubuk. Orang Jepang bahkan mengasinkannya sebagai campuran sushi mereka.

Jahe memiliki beberapa nilai obat, jadi Anda harus mencoba memasukkannya ke dalam piring Anda kapan pun memungkinkan.

Kita dapat melihat beberapa hidangan jahe yang benar-benar menarik seperti pada Nasi Goreng Nanas, dan bahkan dalam pembuatan kue. Aroma dan rasa jahe yang unik membuatnya sangat baik untuk camilan manis.

Anda dapat mencoba untuk membuat Salad Buah Musim Panas dengan resep Pesto Ginger Dressing dan rasakan sendiri bagaimana jahe benar-benar dapat meningkatkan rasa hidangan!

bubuk jahe
bubuk kunyit

Kunyit

Merupakan bahan penting dalam bumbu kari. Kunyit sangat penting dalam hidangan yang sangat disukai seperti Rendang dan Kuah Sate Padang. Pertimbangkan untuk menambahkan kunyit ke menu Anda dengan hidangan seperti Ayam Khao Soi, atau Ayam Tandoori. Warnanya yang khas akan membuat hidangan Anda terlihat lebih menarik.

Kunyit juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang terbukti. Misalnya, sebagai anti-oksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi, di antara banyak manfaat lainnya.

Saat pandemik COVID-19, Starbucks mulai menggunakan kunyit untuk salah satu produk minuman terbaru mereka. Nah, bagaimana dengan Anda.. siap untuk berkesperimen dengan kunyit?

Adas bintang

Terkenal sebagai salah satu bumbu dalam Chinese Five Spice, adas bintang adalah pelengkap sempurna untuk hidangan ayam, bebek, dan sapi.

Masukkan ke dalam menu Anda dengan hidangan seperti Nasi Goreng, Mangga Biryani, Sayuran Korma, Ayam Madu, atau Ayam Jahe.

Adas bintang atau adas manis ini juga berguna untuk mengatasi sulit tidur atau imsonia, merawat pencernaan dan juga untuk meredakan sakit gigi.

Adas bintang merupakan bumbu asia yang dapat banyak ditemukan di pasar-pasar basah di Indonesia.

adas bintang
bubuk saffron

Saffron

Terkenal karena warna dan aromanya yang berbeda, saffron adalah salah satu rempah yang paling mahal harganya.

Jika Anda ingin membeli saffron, cari yang dengan warna cerah dan lebih intens. Warna tersebut menandakan aroma yang lebih kuat.

Saffron dapat menambahkan warna dan rasa pada nasi, daging, ikan, atau makanan biryani (India).

Saffron juga dikenal sebagai penangkal radikal bebas, membantu pengobatan kanker, dan membantu dalam perawatan diabetes. 

Akar lengkuas (jahe Thailand)

Akar lengkuas sedikit lebih besar dari warna jahe dan berwarna lebih pucat. Akar lengkuas juga memiliki rasa yang lebih pedas. Ini adalah makanan pokok dalam masakan Thailand, bersama dengan serai favorit. Cobalah menggunakannya untuk membuat teh serai-lengkuas yang menyegarkan atau untuk Sup Lengkuas Kelapa Thailand.

Ingin memasukkan akar lengkuas ke dalam masakan Anda?.

Anda dapat mencoba resep Domba Bumbu Panggang yang lezat dengan resep Saus Kacang atau resep Nasi Ayam Hainan untuk mengetahui bagaimana akar lengkuas benar-benar dapat meningkatkan kualitas kelezatan masakan Anda.

akar lengkuas
bubuk saffron

Jintan

Berkat aroma dan rasanya yang khas, jintan adalah bahan yang paling disukai dalam mengurap bumbu untuk daging, bumbu rendaman, sup, dan hidangan daging yang dimasak dengan api kecil.

Jika Anda seorang koki yang suka berpetualang, cobalah bereksperimen dengan jintan hitam, yang memiliki rasa lebih khas. Bijinya lebih kecil dan jelas berbeda dari jenis jintan lain karena rona hitamnya. Jintan hitam digunakan di banyak kari India Utara dan hidangan Timur Tengah.

Secara tradisional, jintan juga telah digunakan untuk penyembuhan, seperti membantu pencernaan dan pernapasan sambil memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Kini semakin mudah untuk mendapatkan kebutuhan bumbu masakan Anda.. 

Pin It on Pinterest

Share This